Kegiatan workshop Deskripsi SAP PRODI PAUD

WORKSHOP PENGEMBANGAN DESKRIPSI SAP MATAKULIAH
PROGRAM STUDI PG-PAUD FKIP UNSYIAH
Tanggal 10-11 Oktober 2015
di Ruang Teleconference FKIP Universitas Syiah Kuala
Darussalam Banda Aceh

Deskripsi SAP atau Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dari Matakuliah merupakan rincian materi dari matakuliah yang akan disampaikan dalam pembelajaran selama satu semester. Rincian materi dari matakuliah ini juga merupakan bagian dari Kurikulum di suatu program studi. Kurikulum merupakan keseluruhan  rencana dan  pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi pada sistem pendidikan khususnya pendidikan tinggi. Penyusunan kurikulum merupakan hak otonomi dari Program Studi..
Dasar hukumnya adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi khususnya mengenai Kurikulum, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi, serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), maka Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala  perlu mengembangkan Kurikulum yang sesuai dengan tututan hukum tersebut.
Workshop KKNI yang diselenggarakan oleh Assosiasi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (APG-AUD) Universitas Negeri Jakarta (UNJ)  tanggal 12-13 Maret 2015 menghasilkan  simpulah untuk  profil lulusan, yaitu “lulusan PG-PAUD menjadi 1) Pendidik PAUD yang memiliki kompetensi sebagai pendidik/guru pada lembaga pendidikan anak usia dini (Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain (Play Group), Tempat Penitipan Anak (Day Care), dan Satuan PAUD sejenis. 2) Pengelola Lembaga PAUD yang memiliki kompetensi manajerial/ pengelolaan kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain (Play Group) dan Tempat Penitipan Anak (Day Care) dan satuan PAUD sejenis”.
Hasil Workshop tersebut juga menyimpulkan tentang Program Outcome Learning, (PLO), yaitu lulusan PG-PAUD :
1.    Menguasai dasar  ilmu kependidikan sebagai landasan dalam melaksanakan praktek pendidikan; menguasai teori, prinsip, dan prosedur dalam merancang program pembelajaran yang mendidik dan memaksimalkan potensi peserta didik yang  bervariasi.
2.    Memahami karakteristik dan potensi peserta didik usia dini dan mampu  memfasilitasi perkembangan potensi yang bervariasi secara berkesinambungan.
3.    Mengelola pembelajaran di kelas dan perubahan kultur kelas serta sekolah untuk membangun dan mengembangkan proses dan hasil pembelajaran peserta didik usia dini yang memiliki multi kemampuan dan makna dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
4.    Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan alat penilaian untuk memperbaiki proses dan  hasil belajar peserta didik usia dini yang membantu perkembangan potensinya.
5.    Membina sikap, memberi keteladanan, meningkatkan keterampilan, dan mengembangkan potensi peserta didik usia dini secara berkesinambungan.
6.    Beradaptasi dengan lingkungan kerja, kelas, sekolah dan  masyarakat tempat  bekerja.
7.    Menguasai pendekatan dan metode penelitian yang dapat digunakan untuk memperbaiki pembelajaran.
8.    Memublikasikan gagasan dan hasil penelitiannya yang berkaitan dengan bidang pendidikan anak usia dini.
9.    Memiliki karakter sebagai warga negara (nasionalisme), sebagai insan beragama (iman dan takwa) dan sebagai insan sosial (mampu bekerja sama).
Menindak lanjuti hasil workshop APG-AUD, maka Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala perlu melakukan revisi deskripsi dari mata kuliah sehingga capaian pembelajaran baik Program Learning Outcome (PLO) dan Course Learning Outcome (CLO) sesuai dengan Tuntutan KKNI dan SN DIKTI. Oleh karena itu Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala perlu menyelenggarakan “Workshop Pengembangan Deskripsi SAP Matakuliah Prodi PG-PAUD FKIP Unsyiah.
Workshop tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 10 dan 11 Oktober 2015 dengan jadwal acara di lampiran 1), susunan Panitia di lampiran 2), dan rincian tugas peserta di lampiran 3). Workshop ini dilaksanakan dengan menghadirkan narasumber dari Universitas Pendidikan Indonesia, Dr. Badruzaman, M.Pd. Ketua Program Studi PG-PAUD UPI Bandung. Materi yang disampaikan seperti di lampiran 4). Hasil workshop adalah Deskrisi SAP, berupa Rencana Pembelajaran Semester untuk Mata kuliah yang ada di Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala seperti di lampiran 5). Laporan kegiatan workshop ini juga dilampirkan beberapa foto kegiatan, (lampiran 6).

 

FOTO WORKSHOP dESKRISI sap

817 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + one =